Profil Desa

Desa Senenan memiliki wilayah seluas 235,150 Ha atau hanya sebesar 6,04 % dari wilayah Kabupaten Jepara yang memiliki luas 3.890,6 Ha.

Kondisi Infrastruktur dan Fasilitas

1. Jalan

Desa Senenan  dilalui jalur utama Jepara-Kudus yang memiliki lebar jalan 6-8 meter dengan kondisi jalan yang baik. Di sepanjang jalan ini banyak terdapat fasilitas umum, fasilitas pendidikan, dan perdagangan. Fasilitas umum  seperti Rumah Sakit Umum meskipun tidak termasuk dalam wilayah Desa Senenan. Selain itu, terdapat juga Balai Desa yang merupakan kantor pemerintahan. Fasilitas pendidikan yang berada di sepanjang jalan antara lain Sekolah Dasar. Perdagangan di sepanjang jalur utama Jepara-Pati didominasi oleh toko meubel dan seni relief.

Desa Senenan mempunyai Jalan lokal selebar 5-6 meter. 70% kondisi jalan lokal sudah baik dimana jalan lokalnya sudah mengalami pengerasan. Jalan lokal ini sering dilalui oleh truk kontainer yang akan melakukan bongkar muat di bengkel industri meubel dan seni ukir. Untuk jalan lingkungan Desa Senenan mempunyai lebar 2-4 meter, dan sebagaian besar jalannya sudah di aspal untuk mendukung aktivitas industri di Desa Senenan.

2. Listrik

Kebutuhan listrik di Desa Senenan digunakan untuk mendukung roda perekonomian daerah. Sebagian besar dimanfaatkan oleh kegiatan perindustrian seni ukir, bidang jasa, perdagangan, dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Infrastruktur listrik pada desa ini hampir menyeluruh, hanya ada beberapa rumah penduduk saja yang belum mendapatkan pelayanan.

3. Sarana Pendidikan

Di Desa Senenan terdapat sarana pendidikan baik negeri maupun swasta. Terdapat 5 TK, 5 SD, dan 1 Madrasah. Akan tetapi,  tidak terdapat  SMP ataupun SMA di Desa Senenan ini

4. Sarana Kesehatan

Berdasarkan data BPS, 2009, di Desa Senenan terdapat 1 Puskesmas pembantu, 4 poliklinik,  5 posyandu, 1 praktek dokter, 1 bidan, dan 1 dukun bayi. fasilitas lainnya yang terdapat di Desa Senenan adalah 2 apotik. Untuk cakupan Kelurahan, fasilitas kesehatan yang ada ini sudah dapat memenuhi pelayanan masyarakat di Desa Senenan.  Selain itu, di Desa Bapangan terdapat Rumah Sakit Umum R.A Kartini yang juga dapat membantu pelayanan kesehatan masyarakat Desa Senenan.

5. Sarana peribadatan

Sarana peribadatan yang terdapat di Desa Senenan pada tahun 2009 adalah 5 masjid, 15 mushola, dan ada 1 gereja dan 1 vihara. Keberadaan tempat peribadatan telah mampu melayani seluruh warga di Desa Senenan.

Data infrastruktur dan fasilitas digunakan untuk mengetahui persebaraan fasilitas pendukung aktivitas perkotaan dan mengetahui bagaimana dampak persebaran fasilitas pendukung terhadap  kondisi perekonomian Desa Senenan.

 

Kegiatan ekonomi

Berdasarkan data monografi Desa Senenan perekonomian di dominasi oleh sektor industri dan perdagangan. Industri yang ada di Desa Senenan berupa industri relief. Untuk perdagangannya adalah penjualan hasil industri meubel.

Facebook Comments